Bagaimana Memilih Pompa Air yang tepat

 

Bagaimana memilih dan memasang pompa yang tepat untuk rumah:

 

Air adalah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari, kebutuhan akan air sama dengan kebutuhan akan makan dan minum , karena hampir setiap aktifitas butuh bantuan air.

Namun dalam kesehariannya banyak diantara kita yang memiliki permasalahan dalam bagaimana mendapatkan air yang bersih dan sehat, khusus di rumah tangga khususnya perkotaan dan sebagaian daerah penopang perkotaan permasalahan yang paling umum dan sering ditemukan adalah bagaiaman cara memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan sumber air rumah tangga.

Saat ini banyak jenis pompa rumah tangga yg beredar di pasaran berbagai merk dan tipe, buatan Eropa, Jepang, Korea, China atau produksi lokal dg beragam penggunaan.
Untuk memilih jenis pompa yg cocok sebenarnya tidak terlalu sulit, yg penting anda memiliki informasi yg akurat sebelum membeli. Tanpa informasi tersebut bukan anda saja yang bingung, penjual pun bakalan bingung untuk memilihkan pompa yang cocok utk anda.
Nah jika anda berniat membeli/mengganti pompa di rumah anda mungkin tips-tips berikut cukup bermanfaat.

Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari dalam sebuah rumah, biasanya kita membutuhkan minimal 1 buah pompa air untuk mendistribusi air dari sumber ke seluruh titik air (sumber air dapat berupa sumur atau penampungan air di bawah). Untuk memudahkan konsumsi air, biasanya kita membangun tower air dengan ketinggian tertentu. Dalam kondisi ini kita menghisap air dari sumber air di bawah dengan pompa untuk disimpan pada tower air (toran). Selanjutnya dengan tower air, kita memanfaatkan gaya gravitasi bumi untuk membuat air mengalir melalui pipa tanpa perlu bantuan pompa lagi. Untuk kebutuhan di lantai bawah sistem itu mungkin berjalan baik. Tapi, untuk air di lantai dua bisa bermasalah karena gaya gravitasinya sudah rendah. Rumah anda mungkin memerlukan pompa tambahan lain dari toran ke titik air untuk beberapa keperluan yang memerlukan tekanan air tertentu seperti waterheater gas atau mesin cuci modern. Bisa jadi dengan gaya gravitasi tekanan yang disyaratkan tidak tercapai. Pompa ini biasanya disebut pompa booster.

yang harus diketahui dari semua diatas bahwa kecocokan pompa air, instalasi dan cara penangananannya tergantung dari karakteristik di lingkungan rumah tangga tersebut

Adapun beberapa tips atau cara yang harus diketahui adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah Pompa Air yang Tepat Sesui kebutuhan
  2. Jangan lupa mengukur terlebih dahulu Kedalaman Air dari Permukaan Tanah.
  3. Awali dengan Menghitung Tinggi Permukaan Air karena ini akan memudahkan utk mengukur kebutuhan pipa pemasangan, tanyakan langsung kepada petugas yang anda tunjuk untuk mengetahui perkiraaan tinggi permukaan tersebut
  4. Penting untuk Mengetahui Voltage Rumah, jangan sampai pompa air dan instalasi yang sudah kita beli dan kita pasang malah menjadi beban berat listik di rumah
  5. Ketahui secara detail Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa Air, utk mengetahuinya mudah saja, lihat di buku petunjuk saat membeli pompa air atau perhatikan indikasi informasi yang biasa di tempelkan atau yang tertera di badan pompa.

Semoga Tips dan cara yang dibagikan ini bermanfaat utk kita semua , jangan lupa hubungi kami www.ahlisumurbor.com untuk semua keperluan pompa air anda.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *